Selasa, 24 April 2018

Model-model Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

1. Model Iconik (skala)
Model Iconik (skala) merupakan model paling tidak abstrak, replika fisik dari sebuah sistem berdasarkan pada skala yang lebih kecil dari yang aslinya. Model iconik juga dapat dibuat dalam bentuk tiga dimensi yang biasa dikatakan sebagai maket. Foto dan graphical user interface(GUI) merupakan model iconik yang bentuknya dua dimensi.

2. Model Analog
Model analog merupakan model yang tidak mirip dengan sistem aslinya. Akan tetapi berkarakteristik sama seperti aslinya. Model ini lebih abstrak dari model iconic dan merupakan representasi simbolis dari kenyataan. Model analog biasanya menggunakan diagram/char dua dimensi/
Contoh:
  • Chart organisasi yang memuat struktur organisasi.
  • Sebuah peta dimana terdapat warna yang berbeda menunjukkan obyek yang berbeda misalnya daratan rendah dan daratan tinggi.
  • Cetak biru (blue print) dari sebuah rumah atau mesin.
3. Model Matematika
Model matematika merupakan model yang digunakan untuk masalah yang lebih kompleks dan sulit untuk dihadapi. Pada model ini digunakan perhitungan numerik dengan model matematis atau model quantitatif yang lain. Atribut-atribut dinyatakan dengan variabel-variabel, dan aktivitas-aktivitas dinyatakan dengan fungsi matematika yang menjelaskan hubungan antar variabel-variabel tersebut.


Pertanyaan
1. Perkembangan DSS sekarang dan contohnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman