Senin, 26 Desember 2016

Konsep Dasar Sistem

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Konsep Dasar Sistem
Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupaka kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan segingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggerarknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut. Contoh lainnya adalah sistem komputer terdiri dari: Software, Hardware, Brainware, Sistem Akutansi, dll.

Pengertian Sistem Menurut beberapa ahli:
  1. Menurut Ludwig von Bartalanfy; Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar realsi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  2. Menurut Russel Lincoln Ackoff and Sheldon (2005); Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
  3. Menurut James A.O'Brien and George M. Marakas (2016): sistem adalah seperangkat komponen yang terhubung dengan sebuah batasan yang jelas, bekerja bersama untuk mencapai sebuah tujuan yang sama dengan menerima masukkan dan menghasilkan keluaran dalam sebuah proses transformasi yang terorganisasi.
  4. Menurut Raymond Mcleod (2008) Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.
  5. Menurut Gordon B. Davis(2001) Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud.


Jadi Sistem adalah seperangkat unsur atau komponen yang saling terikat scara konseptual atau fisik yang bekerja sama dengan menerima masukkan dan menghasilkan keluaran untuk mencapai beberapa sasaran dalam proses transformasi yang terorganisasi.

Syarat-Syarat Sistem:

  1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.
  2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
  3. Adanya hubungan diantara elemen sistem.
  4. Unsur dasar dari proses (arus inforamasi, energi dan material) lebih penting daripada elemen sistem.
  5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman