Minggu, 16 September 2018

Tugas 2 MPPL

Tugas 2 MPPL (Manajemen Proyek)
Manajemen Proyek - Sebelum mengetahui tentang manajemen proyek, ada baiknya mengetahui dahulu apa itu manajemen dan apa itu proyek. Proyek dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (pengairan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya) dan dengan saat penyelesaian yang tegas[1]. Adapun penjelesan lain, proyek merupakan Sebuah proyek adalah kegiatan untuk memenuhi pembuatan produk atau layanan unik dan bukan sesuatu yang rutin [2]. Jadi Proyek adalah kegiatan yang temporer untuk menghasilkan produk yang khas menggunakan kombinasi berbagai sumberdaya dan bersifat tidak rutin.

Apakah disebut proyek pekerjaan yang tidak rutin tetapi menghasilkan penghasilan/uang yang tidak besar?
Proyek memiliki karakteristik:

  1. Secara bertahap dan berkembang
  2. Membutuhkan sumberdaya
  3. Mempunyai customer atau sponsor
  4. Selesai jika tercapai
  5. Kegiatan yang tidak rutin
  6. Memiliki awal dan akhir
  7. Memiliki jadwal, biaya, dan batasan masalah
  8. Tujuan hanya satu
  9. memiliki Scope (ruang lingkup)
Jadi jawaban pertanyaan diatas adalah iya, dengan syarat kegiatan tersebut memiliki karakteristik diatas. Proyek tidak bergantung dengan uang yang kita dapat nantinya. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran [1]. Intinya manajemen bermakana mengelola, mengatur, dan mengontrol.

Jadi Manajemen Proyek merupakan disiplin ilmu bagaimana mengelola, mengatur, dan mengontrol suatu kegiatan proyek agar mencapai tujuan. Secara garis besar tujuan proyek dibagi menjadi tiga Quality and Scope, Time dan Effort (Cost) dikenal juga dengan sebutan "The Magic Triangle" atau segitiga ajaib.

Suatu proyek tidak akan berjalan tanpa orang-orang yang terlibat didalamnya yaitu:
  • Project Senior
  • Project Manager
  • Project Team
  • Support Staff
  • Suplier
  • Environment
  • Exekutif & keputusan
Referensi
[1] Alwi, H., (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
[2] "What is a Project ?".managementstudyguide.com.-.16 September 2018<https://www.managementstudyguide.com/what-is-project.htm>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman