Minggu, 08 Oktober 2017

Exception dan Trap pada Sistem Operasi

1.Exception
Exception adalah suatu mekanisme yang digunakan oleh beberapa bahasa pemrograman untuk mendeskripsikan apa yang harus dilakukan jika ada suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Eksepsi dapat dijumpai saat:
  • Mengakses method dengan argumen yang tidak sesuai
  • Membuka file yang tidak ada
  • Koneksi jaringan yang terganggu
  • Manipulasi operan yang nilainya keluar dari batasan yang didefinisikan
  • Pemanggilan class yang tidak ada
2. Trap
Trap adalah jenis dari exceptionyang tujuan utamanya adalah untuk debugging. Debugging adalah sebuah metode untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan. Debugging bukan merupakan suatu pengujian, akan tetapi merupakan bagian akibat proses pengujian. Prosesnya dimulai dengan eksekusi awal dari aplikasi kemudian dinilai hasil dan pencapaian terhadap aplikasi tersebut dan ditemukanlah kekurangan antara target dan hasil akhir aplikasi.

Dengan adanya trap, sistem operasi menentukan apakah kesalahan yang dibuat merupakan kesalahan fatal?
  • Jika fatal, proses yang saat itu running disingkirkan dan terjadi alih proses.
  • Jika kesalahan tidak fatal, maka bergantung sifat kesalahan dan rancangan sistem operasi.
Kemungkinan yang dilakukan adalah menjalankan prosedur pemulihan atau memperingatkan ke pemakai. Saat terjadi trap, dapat dimungkinan terjadi pengalihan proses, mungkin pula resume proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman