Minggu, 01 Oktober 2017

Penjelasan Basis Data

Penjelasan basis data - Basis data merupakan sekumpulan data yang memiliki keterhubungan dan terorganisir yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi. Sedangkan sistem basis data adalah sistem yang terdiri dari atas kumpulan file (tabel) yang yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (DBMS) yang memungkinkan beberapa pemakai dan/atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file (tabel-tabel) tersebut. DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data.

Contoh dari DBMS yaitu Microsoft SQL, Server 2000, Oracle, Mysql, Interbase, Paradox, Microsoft Access, dan lain‐lain.
Penjelasan Basis Data

Tujuan Basis Data
  1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed): Memungkinkan untuk melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah.
  2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space): Efisiensi/optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan dengan melakukan penekanan (menghilangkan) redundansi dataredundansi data.
  3. Keakuratan (Accuracy): Menerapkan aturan/batasan (constraintconstraint) tipe data, domain data, atau keunikan data untuk menghindari pemasukan data yang tidak akurat.
  4. Ketersediaan (Availability): Memilah data menjadi data master, data transaksi ataupun data historyhistory. 
  5. Kelengkapan (Completeness): Menambah record-record data dan melakukan perubahan struktur dalam basis data baik dalam basis data baik dalam bentuk penambahan objek baru (tabel) atau dengan penambahan field-field baru pada tabel. 
  6. Keamanan (Security): Melakukan pengaturan hak akses terhadap basis data beserta objek-objek didalamnya dan menentukan operasi-operasi apa saja yang boleh dilakukan.
  7. Kebersamaan Pemakaian (Sharability): Penggunaan data dalam suatu basis data oleh berbagai pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman