Sabtu, 21 Oktober 2017

Threads Sistem Operasi

Apa itu threads

  • Sebuah alur kontrol dari sebuah proses. 
  • Cara dari komputer untuk menjalankan dua atau lebih task dalam waktu bersamaan.

Process vs threads (perbedaan)

  • Proses adalah program yang sedang dalam keadaan eksekusi, sedangkan threads merupakan alur kontrol dari sebuah proses. 
  • Dibandingkan process threads lebih ekonomis dalam pembuatannya karena Pada Solaris, pembuatan proses memakan waktu 30 kali lebih lama dibandingkan pembuatan thread sedangkan proses context switch 5 kali lebih lama dibandingkan context switching thread.
  • Proses memiliki IP address masing-masing. sedangkan thread memiliki IP address yang digunakan secara bersama-sama dari proses yang menciptakannya.

Fungsi threads

  • Tetap Merespon meskipun sebagian dari suatu program sedang diblok atau melakukan operasi lain yang panjang. Umpamanya, sebuah thread dari web browser dapat melayani permintaan pengguna sementara thread yang lain berusaha menampilkan gambar.
  • Membuat sebuah aplikasi dapat mempunyai beberapa thread yang berbeda dalam lokasi memori yang sama.
  • Membagi memori dan sumber daya yang dimilikinya sehingga dapat menghemat sisi ekonomi untuk membuat thread dan context switching

Multithreading

  • Cara komputer untuk membagi-bagi pekerjaan yang dikerjakan sebagian-sebagian dengan cepat sehingga menimbulkam efek seperti menjalakan beberapa task secara bersamaan walaupun otaknya hanya satu.
  • Multi-threading mengizinkan program untuk terus berjalan walaupun pada bagian program tersebut diblock atau sedang dalam keadaan menjalankan operasi yang lama/panjang. Contohnya multithread web browser dapat mengizinkan pengguna berinteraksi dengan suatu thread ketika suatu gambar sedang diload oleh thread yang lain. 

Kesimpulan

Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Thread terbagi menjadi 2 macam, salah satunya multi threads yang fungsinya mengizinkan program untuk terus berjalan walaupun pada bagian program tersebut diblock atau sedang dalam keadaan menjalankan operasi yang lama/panjang. Perbedaannya dengan proses salah satunya thread lebih ekonomis dan waktu untuk membuat thread lebih sedikit dibandingkan proses.

Referensi

  1. Sri Kusumadewi. 2000. Sistem Operasi . Edisi Dua. Graha Ilmu. Yogyakarta.
  2. Bambang Hariyanto. 1997. Sistem Operasi . Buku Teks Ilmu Komputer . Edisi
    Kedua. Informatika. Bandung.
  3. Stallings W. 2012. OPERATING SYSTEMS. Internal and Design Priciples. Seventh Editon. New Jersey.

1 komentar:

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman