Minggu, 29 Oktober 2017

Istilah-Istilah Didalam Sistem Operasi

  1. Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi komputer, tugasnya yaitu melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.
  2. Buffer adalah area memori yang menyimpan data ketika mereka sedang dipindahkan antara dua perangkat atau antara perangkat dan aplikasi.
  3. device dependent adalah perangkat keras komputer yang tidak dapat berdiri sendiri atau tidak dapat terintegrasi kedalam komputer tanpa adanya software pendukung dalam hal ini disebut driver.
  4. Time-sharing adalah metode dimana banyak pengguna dapat melakukan processing dalam satu komputer.
  5. Real Time System adalah sistem yang memiliki deadline/jangka waktu penyelesaian tertentu/ditentukan, namun tetap mengutamakan ketepatan dan performa yang tinggi dalam prosesnya.
  6. Program Residen adalah program yang secara otomatis akan aktif (start) bersamaan dengan di-load nya OS. Program yang berada dalam memory (RAM) dan selalu stand by untuk digunakan sewaktu-waktu.
  7. Floating-point atau bilangan titik mengambang, adalah sebuah format bilangan yang dapat digunakan untuk merepresentasikan sebuah nilai yang sangat besar atau sangat kecil.
  8. Fetching merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan. Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman