Kamis, 15 Maret 2018

Internetnetwork (internet)

Internetnetwork atau internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Sangat banyak jaringan yang ada di dunia ini , seringkali dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang bermacam-macam. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini membutuhkan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Terkadang dengan menggunakan sebuah mesin yang disebut gateway untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

Umumnya bentuk internet adalah kumpulan dari LAN yang dihubungkan oleh WAN. Kenyataanya, jika kita mengganti label "subnet" pada gambar di atas dengan "WAN", maka gambar tersebut perlu diubah. Perbedaan yang nyata antara subnet dan WAN pada kasus ini adalah keberadaan host. Jika di dalam sistem terdapat urva tertutup yang hanya terdiri dari router-router, maka itu adalah subnet. Bila sistemnya terdiri dari router dan host, maka itu adalah WAN.

Untuk menghindari kebingungan, perlu diingat bahwa kata "internet" dalam pembahasan kali ini dalam arti generiknya. Sebaliknya, Internet (dengan menggunakan I huru besar) berarti sebuah internet sedunia yang spesifik yang telah digunakan ssecara meluas untuk menghubungkan universitas-universitas, kantor-kantor pemerintah, perusahaan, dan individu-individu.

Istilah subnet, jaringan (network), dan internetwork sering membingungkan. Dalam konteks WAN, subnet merupakan yang paling mudah dimengerti. Istilah subnet berhubungan dengan kumpulan router dan kabel komunikasi yang dimiliki oleh operator jaringan misalnya, perusahaan seperti Amerika Online dan CompuServe. Sebagai analogi, sistem telepon terdiri dari kantor switching telepon yang terhubung satu sama lainnya dengan saluran kecepatan tinggi, dan terhubung ke rumah-rumah dan kantor-kantor dengan menggunakan kabel kecepatan rendah. Kabel-kabel dan peralanatan ini, yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan jasa telepon, membentuk subnet sistem telepon. Teleponnya sendiri (analogi untuk host) bukanlah bagian dari subnet. Kombinasi sebuah subnet dengan host-hostnya membentuk sebuah jaringan. Pada LAN, kabel dan host membentuk sebuah jaringan. Di sini benar-benar tidak terdapat subnet.

Sebuah internetwork akan terbentuk bila jaringan-jaringan yang berbeda saling terhubung. Dalam pandangan kita, penghubungan sebuah LAN dengan sebuah WAN atau penghubungan dua buah LAN akan membentuk sebuah internetnetwork, tetapi baru terdapat sedikit kesepakatan tentang terminologi di bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman