Rabu, 14 Maret 2018

Pemanfaatan Otomata dan Teori Bahasa

Pemanfaatan Otomata dan Teori bahasa tidak hanya untuk komputer saja tetapi penerapan teori ini sangatlah luas. Finite automata pertama kali dikemukakan ilmuwan yang mempelajari neuron nets dan switching theory. Dengan demikian otomata ini dapat diterapkan pada bidang neuron nets dan switching. Klarifikasi grammar dan context free grammar pertama kali dikemukkan ahli bahasa sebagai sarana mendeskripskikan bahasa manusia. Dengan demikian, otomata juga sangat berguna untuk disiplin bidang linguistik.

Perkembangan-perkembangan selanjutnya adalah para ahli komputer mempelajari dan mengembangkan teori otomata dan teori bahasa formal untuk kepentingan penggunaan sarana komputer yang ampuh sebagai media percobaannya. Teori otomata jelas sangat berguna untuk pengembangan komputer lebih lanjut.

Pemanfaatan otomata dapat diterapkan di beragam bidang yang merupakan asal dari teori otomata ditambah dengan penggunaan di bidang Komputer. Saat ini manusia telah menciptakan ribuan bahasa pemrograman komputer, ribuan bahasa pemrograman belum ditambah bahasa komputer lain seperti bahasa markup, bahasa typesetting, bahasa perintah, bahasa query, bahasa printer, bahasa pengenalan pola seperti pada penerapan penjaminan kualitas sirkuit elektronik yang menggunakan ekspresi regular untuk menyatakan pola sirkuit elektronik. 

Seluruh bidang aplikasi yang menyatakan persoalan sebagai serangkaian state yang senantiasa harus ditelusuri saat hidup aplikasi dan/atau untuk menemukan solusi adalah peluang untuk penerapan otomata.

Seluruh bidang aplikasi yang berkehendak menyatakan keteratuaran sesuatu (struktur) atau kejadian atau rentetan kejadian yang mengikuti suatu kumpulan aturan tertentu dalam pembentkan barisan sesuatu yang berhingga atau tidak berhingga merupakan peluang penerapan teori otomata dadn teori bahasa formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman