Jumat, 23 Maret 2018

Sejarah Internet

Setelah TCP/IP dinyatakan sebagai satu-satunya protokol resmi pada 1 Januari 1983, jumlah jaringan, mesin, dan pengguna yang terhubung ke ARPANET bertambah dengan pesatnya. Pada saat NSFNET dan ARPANET saling dihubungkan, pertumbuhannya menjadi eksponensial. Banyak jaringan regional yang terhubung, dan hubungan-hubungan dibuat untuk membangun jaringan di Kanada, Eropa, dan Pasifik.

Pada pertengahan tahun 1980-an, orang mulai memandang kumpulan jaringan-jaringan tersebut sebaagai sebuah internet, dan kemudian disebut Internet. meskipun tanpa sambutan resmi dari para politikus dan pesta sampanye.

Pertumbuhan terus berlangsung secara eksponensial, dan pada tahun 1990 Internet telah tumbuh menjadi 3000 jaringan dan 200.000 komputer. Pada tahun 1992, host kesatu-juta telah terhubung ke jaringan. Pada tahun 1995, terdapat banyak backbone, ratusan jaringan tingkat menengah (yaitu, regional), puluhan ribu LAN, jutaan host, dan puluhan juta pengguna. Jumlah ini bertambah dua kali lipat setiap tahunnya (Paxson, 1994).

Faktor yang mempunyai andil besar dalam pertumbuhan yang cepat itu adalah penyambungan jaringan-jaringan yang telah ada ke Internet. Pada waktu yang lampau penyambungan tersebut meliputi SPAN (jaringan fisika luar angkasa NASA), HEPNET (jaringan fisika energi tinggi), BINET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa yang sekarang digunakan secara meluas di Eropa Timur), dan jaringan-jaringan lainnya. Sejumlah link transatlantik sekarang terbentuk, beroperasi mulai 64 kbps hingga 2 Mbps.

Alat pelakat yang menggabungkan Internet bersama-sama adalah model referensi TCP/IP dan stack protokol TCP/IP. TCP/IP memungkinkan layanan univeral dan dapat dibandingkan dengan sistem telepon atau pemakaian ukuran standar jalan kereta api di abad ke 19.

Apa sebenarnya arti berada di Internet? Definisi kita adalah sebuah mesin dikatakan berada di Internet bila mesin itu mengoperasikan stack protokol TCP/IP, memiliki alamat IP, dan memiliki kemampuan untuk mengirim paket IP ke suma mesin lainnya di Internet. Kemampuan mengirim dan menerima email tidaklah mencukupi untuk dikatakan telah berada di Internet. Karena email di gateway kan ke sejumlah jaringan di luar Internet. Akan tetapu, masalah dikaburkan oleh sesuatu yang pada kenyataanya komputer-komputer pribadi memiliki kemampuan untuk menghubungkan diri dengan penyedia layanan Internet (ISP-Internet Service Provider) dengan menggunakan modem, diberi alamat IP semetara, dan mengirimkan paket IP ke host Internet alinnya. Adalah beralasan bila kita mengaanggap mesin itu sebagai berada di Internet selama mesin yang bersangkutan terhubung ke router ISP.

Dengan perkembagan yang eksponensial ini, cara informal lama dalam mengoperasikan Internet tidak lagi dipakai. Pada bulan Januari 1992. Masyarakat Internet (the Internet Society) terbentuk. Masyarakat Internet bertujuan untuk mempromosikan manfaat Internet dan mungkin saja mengambil-alih manajemen Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman