Sabtu, 10 Maret 2018

Pengertian Sistem Client Server

Pengertian Sistem Client Server
Model Client-Server
Pengertian Sistem Client Server - Sistem Client Server dimana didalam sistem ini setiap pengguna mendapatkan sebuah komputer, dengan data yang disimpan pada atau lebih mesin file server yang dapat dipakai bersama-sama. Pada model ini para pengguna disebut client dan susunan keseluruhan disebut model client-server. (Tanenbaum, A S., 2000)

Server adalah sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses permintaan yang sudah diterima dari client kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan. Server menyimpan informasi dan data yang kompleks yang mungkin dibutuhkan client, karena itu biasanya server terdiri dari komputer dengan performa yang tinggi baik dari segi pemrosesan maupun dari segi memori, hal tersebut agar server mampu melayani request dari banyak client secara bersamaan.

Umumnya komunikasi pada model client-server berbentuk pesan permintaan untuk melaksanakan berbagai pekerjaan dari client kepada server. Setelah server melaksanakan tugasnya kemudian hasilnya akan dikirimkan kembali ke client. (Tanenbaum, A S., 2000)

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Client-Server

Kelebihan Client Server :
  • Sistem lebih aman, karena server dapat mengatur akses setiap data pada server, dan juga mengatur hak akses dari setiap komputer. Hal ini untuk membatasi aktivitas user sehingga hanya mampu mengakses data yang menjadi haknya.
  • Backup terpusat pada server dengan mengatur sistem backup otomatis pada client. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kehilangan data apabila terjadi kesalahan pada harddisk client.
  • Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
  • Dapat dengan mudah menambahkan jumlah komputer atau server pada jaringan client server tanpa menyebabkan pengaruh besar pada jaringan.
  • Dalam hal melakukan perawatan dapat melakukan remote akses, sehingga untuk dapat melakukan perawatan tidak harus berada didepan sistem.

Kekurangan Client Server :

  • Tingginya suatu lalu lintas data pada jaringan client server biasanya akan menyebabkan kelambatan pada server untuk merespon permintaan dari client.
  • Pelaksanannya mahal karena untuk membuatnya anda mebutuhkan sebuah superkomputer yang berperan sebagai server untuk mengatur jaringan tersebut. Disamping itu untuk menerapkan arsitektur jaringan client server anda membutuhkan seorang teknisi ahli IT khusus untuk mambangun dan menjaga server agar dapat melayani client secara terus-menerus.
  • Jika server mati maka komputer client juga akan mati juga, karena sistem ini menggunakan server tunggal untuk mengatur resources pada jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman